Marketing
itu mirip dengan bela diri. Dalam ilmu beladiri, punya konsep dasar yang
penting lawannya 'gledak' (KO). Apapun tehniknya yang penting harus lebih
cepat, lebih bertenaga dan 'nglethak'. Kalau tehniknya bagus tapi musuhnya
nggak ngletak-nglethak berarti tehniknya itu belum bagus.
Apa
kuncinya agar bisa membuat 'ngledak' ? Kuncinya bela diri adalah speed dan
power. Ilmu marketing juga banyak alirannya, namun berikut ini adalah beberapa
ilmu yang bisa to the point ke market agar konsumennya bisa membuat 'ngledak' (
tepat sasaran ).
Apa
sih definisi marketing ?
Marketing
yang bisa membuat 'ngledak' pasar adalah : sebuah penawaran yang
menarik ( mudah , cepat dan nikmat) dan dipercaya,
sampai-sampai orang yang tidak membelinya kesannya Goblok.
Misalkan
contoh iklan promo 'Bakso + Teh Botol Rp.7000' pembeli
berpikir wah murah banget, teh botol saja sekarang harganya udah 3000. Berarti
baksonya 4.000. Untung nih kita beli disini. Padahal teh botolnya kalau beli
grosiran bisa 1.700.
Contoh
lainnya 'Beli emas dua gram hadiah payung seharga 40.000'. Pembeli
berpikir rugi kalau nggak beli emas disini, dapet payung 40.000 sama emasnya
bisa dijual lagi. Padahal payung kalau grosiran harnya dibawah 10.000. Dan
kalau emasnya dijual lagi juga kena potongan 10.000 per gramnya.
Marketing
harus make ilmu psikologi. Mau tau gimana psikologinya ? Berikut ini psikologi
market yang unik namun real terjadi dimasyarakat :
MAHAL = BAGUS
Biar terkesan
mahal, naikkan harganya terus kasih discount.
Pembeli
merasa senang mendapat 'barang mahal' dan 'diskon'-an. Konsumen lebih senang
membeli Kaos Rp 90.000 dengan disc 50 %, daripada membeli kaos seharga Rp.
45.000 tanpa diskon. Baik diterapkan untuk toko busana, toko perhiasan,
souvenir , cindera mata. Apalagi tokonya di mall, di bandara. Jangan ragu kasih
harga mahal + diskon. Pembuatan diskonnya juga ada caranya. Caranya
dengan mengikutkan event- event tertentu : 'Dalam rangka........' ,
'Memperingati ..... kami berikan diskon ...'.
Contoh
: ' lebaran dah dekat , baju baru, diskon gede'. ' Dalam rangka
ulangtahun toko ke 100 kami berikan diskon 100 % *skb ' atau '
Dalam rangka ulang tahun kucing ...'
TIMBAL BALIK
Berikan
lebih dahulu maka anda akan diberi.
Misalkan
anda mempunyai bengkel mobil, Gratiskan ongkos Ganti Olie, maka konsumen akan
membeli olienya ditoko anda. Cek angin ban, bila kurang tambah anginnya sebagai
free service.
Hal sepele namun memberi kesan lebih bagi konsumen. 'Angkringan Cak
Manto, free Wifi'. Ada sebuah bengkel kaki-kaki yang sukses di jogja 'bengkel
kaki-kaki Mas Pa'i, garansi 3 bulan (jogja)' ramai, karena memberikan
excellent service yang mampu digaransikan.
Apalagi dalam dunia IT, ada slogan "Gratiskan Daganganmu" Google, Yahoo
bersaing untuk menggratiskan search engine, email account, map, Alibaba, Ebay portal
retail dan wholesale gratis. Google, Yahoo, Alibaba, Ebay dan portal gratis
lainnya dapet makan dari Iklan dan Fee, yang nilainya Milyaran.
Ikut-ikutan, yang
penting RAME dulu
Pernah anda ikut-ikut sekedar ingin
tahu ketika ada orang berkerumun menonton sesuatu? Ikut-ikutan lihat barang di Mall yang dikerumunin orang? Ikut-ikutan
memperlambat jalan ngelihat kerumunan orang lagi nonton mobil kecemplung
selokan?
Itulah sifat manusia, ingin tahu saja.
Jadi kalau Anda mau launching harus rame. Agar rame harus saat pembukaan harus Aneh,
ada Penawaran,Menarik dan Dipercaya.
Anda
bisa menggunakan strategi Mie + Teh Botol Rp. 7000, Beli
emas dapet Payung seharga 40.000. Cuci Ulang Mobil Gratis, kalau
besok hujan. Cuci mobil gratis. Biarkan antrian mobil yang mo gratis
nyuci parkir diluar atau badan jalan yg akan jadi biang kemacetan. Maaf pak
Polisi, ngajarin macet. Jadinya pengendara yang lain akan bertanya "
Ada apa sih kok tumben macet? ... Ooo ada Gratisan Nyuci Mobil/Motor ya, ikutan
ah". Gratis 1 Porsi Buat teman ke 4 mu. Beli 3 gratis 1.
Keuntungan 3 Porsi makanan > dari harga 1 Porsi. Nah, kalau rame
orang datang, maka orang-orang yang tadinya cuman sekedar lewat jadi penasaran
lihat kerumuman ditempat yang baru.
Perbandingan
Orang senang
yang kecil dahulu.
Marketing, yang penting datang dulu (yang terkecil). Saya mau tanya tolong
dijawab dari hati kecil yang paling dalam. Pedagang Narkoba, coba dulu sedikiiit saja. Kalau sudah suka , akan kecanduan,
kalau sudah kecanduan, harga berapapun dibeli.
Alurnya : Coba>>Candu>>Beli
Perbandingan
& Keterbatasan
Relativitas
mahal dulu baru yang Murah. Yang Sulit dulu baru yang gampang.
Dalam
menawarkan produk, Tawarkan Yang Susah dahulu Baru yang Gampang.
Pengaturan Display toko atau autlet, display yang bagus dan mahal, barang yang
dibelakang murah. Bisa juga ilmu perbandingan ini untuk menyuruh anak dengan
memberi pilihan "Mau tidur jam setengah sembilan atau jam sembilan
?" bisa dipastikan milih jam sembilan. Nah kalau sudah jam sembilan, nggak
usah diperintah hanya mengingatkan pilihannya sianak akan berangkat tidur
sendiri. Dalam hal keterbatasan orang akan bersaing dengan keterbatasan. Rela
antri untuk beli Tiket Bola Piala. Indonesia ... Indonesia ... Indonesia.
Tehnik lelang. Iklan " Dijual mobil Avansa 2010, harga awal 90 jt,
tapi 75 jt saya jual " . Saya hanya bisa ditemui jam 17:30 s/d 18.00 di
rumah, jl Angkasa 456. Maka akan banyak orang yang datang. Karena banyak
yang datang saya tidak enak untuk memilih salah satu diantara yang datang.
Maka sebagai jalan tengahnya yang berani memberi penawaran yang tertinggi dia
pembelinya. hehehe
Sumber : Kaskus.co.id